Apa saja yang diubah oleh internet?


Pertama, seperti gurauan para orang tua : media sosial mendekatkan yang jauh sekaligus menjauhkan yang dekat. :)
Kedua, internet juga mengubah cara berpikir dan mengingat manusia. Manusia cenderung lebih berusaha mengingat informasi yang sulit dia dapatkan dari google. Untuk apa kita mengingat data yang bisa kita cari dalam hitungan detik. Jadi yang semakin mudah dicari cenderung mudah juga dilupakan. pelajaran tertentu tidak akan mengesankan siswa kalo isinya cuma hafalan. mending murid nyari di google atau belajar dari youtube.
Ketiga, ruang di dunia maya tidak terbatas dan cenderung semakin murah, sedangkan ruang di dunia nyata semakin mahal. Akibatnya : Produk yang tidak laku tidak akan didisplay di toko nyata karena lebih menguntungkan memajang barang laku. Tetapi di dunia maya produk digital yang tidak laku pun masih mungkin menghasilkan uang yang jumlahnya cukup banyak. Karena biaya menayangkan tiap produk nyaris nol, toko maya tetap memajang produk yang kurang laku selama lamanya walau jarang dibeli. jika produk dengan pembelian kecil itu ada banyak produk tentu tetap memberikan hasil lumayan juga bagi toko di dunia maya. kecil kalo jumlahnya banyak jadi besar juga. istilah kerennya : long tail.
Keempat, karena mudahnya membuat dan mendistribusikan produk digital maka tantangan bagi pembeli juga lebih banyak. Semakin banyak pilihan bisa berarti semakin banyak kebingungan terkait kualitas produk.
Kelima, dulu orang sulit jadi seleb sekarang lebih mudah. Orang atau produk semakin mudah dibicarakan, akibatnya cepat populer. tetapi mudah juga dibully jika mengecewakan. Setiap orang adalah media, pembuat pesan dan pendistribusi pesan.
Keenam, internet mengubah dunia yang bulat jadi datar. The world is flat.
Berita dan gosip di belahan lain sono kita terima dengan seketika dengan serta merta seakan akan kita tinggal di kampung yang sama. Efek buruk kejadian di suatu negara mempengaruhi negara lain sehingga membuat krisis bersama. Efek ini cenderung makin besar ketika semua makin terhubung. Mirip seperti kebakaran di rumah tetangga bikin panik tetangga lain. Karena dekat dan terhubung.
Ketujuh, fenomena file sharing, berbagi tumpangan, dan sebagainya cukup merepotkan bisnis konvensional. Toko kaset berguguran, toko buku makin sedikit, perusahaan taksi mengeluh kehilangan omzet. Setiap hari bunga baru tumbuh berkembang, bunga bunga lama berguguran.
Apalagi lagi ya yang diubah oleh internet ?

No comments:

Powered by Blogger.